Minggu, 27 Mei 2012

Warta

 KH. Asyhari Abta : Warga NU Harus Diberdayakan 

BANTUL_ Jadikan NU sebagai partner pemerintah untuk pemberdayaan umat. Masyarakat NU DIY yang sebagian besar masyarakat pedesaan dan bermata pencaharian sebagai petani, harus diberdayakan agar terjamin kesejahteraannya. NU saat ini memiliki organisasi petani, yaitu persatuan petani NU (Pertanu). Oleh karena itu, pemerintah diharapkan memberikan bantuan agar mereka bisa berdaya dan sejahtera secara ekonomi.

Demikian disampaikan Rais Syuriyah PWNU DIY, KH. Drs. Asyhari Abta, M.Pd.I dalam sambutannya dalam acara pelantikan Pengurus Lembaga/Lajnah, Banom JQH, dan PW Fatayat DIY periode 2011-2016 serta Musyawarah Kerja Wilayah (Musykerwil) NU tahun 2012, Sabtu malam (26/5/12), yang bertempat di halaman Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) An-Nur, Ngrukem, Bantul. Dalam sambutannya, beliau memberikan banyak arahan dan pandangan untuk kemajuan NU DIY.

KH Asyhari mencontohkan, “Pertanu bisa bekerja sama dengan Departemen Pertanian agar bisa mendapat bantuan untuk kemajuan pertanian,” ia menjelaskan. Bagi KH Asyhari, NU adalah organisasi yang besar dan punya gawe yang besar pula. Selama ini kelemahan NU adalah soal pendanaan. Tak jarang para pengurus harus bantingan untuk mencukupi dana kegiatan. Oleh karena itu, beliau berharap pemerintah bisa menjadikan NU sebagai partner strategis guna membentuk keberdayaan umat.

Selain itu, KH Asyhari berpesan agar para pengurus NU yang masuk ke dalam parpol tidak membawa NU terlibat jauh dalam perseteruan politik praktis. Secara garis besar, Pengurus Wilayah (PW) NU DIY tidak membenci parpol dan tidak mengarahkan warga NU agar memilih parpol tertentu. Oleh karena itu, bagi pengurus parpol yang ingin memperoleh dukungan dari warga NU, mereka harus mendekati warga NU dengan baik-baik. “Ingin didukung kok malah menghina NU, ya tidak mungkin”, ujarnya.

Harapan KH Asyhari ke depan, NU benar-benar menjadi organisasi yang siap mengawal kemajuan umat. Oleh karena itu, program-program yang akan dijabarkan oleh para Pengurus Lembaga/Lajnah yang berjumlah 18 Lembaga tersebut, begitu penting dan perlu didukung. [danuji]

diambil dari http://pwnudiy.or.id/content/kh-asyhari-warga-nu-harus-diberdayakan

Tidak ada komentar: