Jumat, 03 Mei 2013

Resensi buku


Dari Perempuan untuk Kesuksesan

Judul  : Sifat-sifat perempuan yang Membuat Pasangannya Jadi Orang Sukses
Penulis      : Muyassarotul Hafidzoh
Penerbit    : Diva Press
Tahun        : 2013
Halaman`  : 216 Halaman                    
Peresensi   : Devisi Litbang*

Memahami sifat-sifat perempuan, alangkah lebih baik kalau memahami apa perempuan itu sendiri. Ada banyak istilah terhadap sosok anak cucu hawa ini. Tetapi buku menggunakan kata perempuan. Ada juga yang menyebut wanita, ada juga masyarakat yang menyebut betina. Bahasa-bahasa itu hadir dengan latar historis dan sosiologis-antropologisnya sendiri, sehingga seringkali makna yang hadir menjadi bias. Padahal, bahasa-bahasa itu untuk  memberikan penanda bagi perempuan. Semua perempuan tentu akan akan sepakat kalau penanda itu memberikan makna positif, bukan negatif.
Baik perempuan maupun wanita, makna yang diharapkan adalah makna yang positif, bukan makna yang dipolitisasi. Anak cucu hawa menghendaki yang terbaik, yang ditempatkan secara terhormat, bukan dimarginalisasikan. Karena Tuhan menciptakan perempuan bukan untuk dinistakan, melainkan untuk mendapatkan penghormatan. Dengan kehormatan itulah, perempuan akan menjadi pasangan yang memberikan energi besar bagi suaminya
Buku ini hadir membedah sosok perempuan dan sifat-sifatnya yang menjadikan sang suami/pasangan menjadi pribadi yang sukses dan luar biasa. Sifat perempuan berarti watak dan kondisi jiwa yang melekat dalam diri seorang perempuan. Tentunya, sifat perempuan ada yang baik dan ada juga yang buruk. Sama dengan laki-laki. Tetapi, kalau kita menempatkan perempuan sebagai sosok yang terhormat, maka yang akan hadir adalah sifat-sifat terhormatnya. Sifat itulah yang menjadikan sang suami akan menjadi pribadi besar dan memberikan perubahan besar bagi kehidupan.
Walaupun secara manusiawi, sifat perempuan tak jauh beda dengan sifat laki-laki, tetapi secara khusus keperempuanan, ada sifat inheren dalam diri perempuan yang tidak dimiliki laki-laki. Demikian juga sebaliknya, ada sifat khusus laki-laki yang tidak dimiliki perempuan. Walaupun sifat-sifat itu tidak ada definisinya yang tetap dan baku, akan tetapi dalam praktek keseharian, kita akan menemukan sifat-sifat itu memang ada yang berbeda. Tetapi perbedaan itu bukanlah penyebab ketidakharmonisan atau kekurangsempurnaan, justru perbedaan itulah yang menjadikan pasangan suami istri saling menyempurnakan. Dengan memahami kekurangan masing-masing, justru disitulah hadir kelebihan dan kesempurnaan yang saling memberi dan melengkapi.
Buku ini hadir memberikan banyak perspektif dalam memahami sifat-sifat perempuan. Perempuan bukanlah sosok yang sekedar bertugas masak, macak dan manak, sebagaimana digambarkan dalam kehidupan masyarakat Jawa. Tafsir atas perempuan itu adalah masa lalu. Kini, masyarakat Jawa bukan lagi melihat perempuan sekedar masak, macak dan manak. Perempuan sudah menjadi sosok yang berperan besar dalam kehidupan. Bahkan lahirnya tokoh-tokoh besar tak bisa dipisahkan dari perempuan yang melahirkannya.
Bersepakat dengan pendapat William James, psikolog asal Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa penemuan atas potensi merupakan penemuan terpenting pada jamannya. Dengan menemukan potensi  perempuan melalui sifat-sifatnya, maka itu merupakan penemuan penting bagi peradaban jaman. Dengan sifat-sifatnya yang hebat dan luar biasa, itu penanda penting hadirnya potensi baru yang akan memberikan sumbangsih besar dalam kehidupan.
Buku ini hadir sebagai untuk memberikan spirit kemajuan, baik bagi laki-laki maupun perempuan, untuk hadir dalam menggapai kesuksesan dengan bersama. Kesuksesan suami akan berimplikasi dengan kesuksesan istri. Demikian juga sebaliknya. Maka dari itu, sifat perempuan mesti ketahui bersama, sehingga pasangan suami istri bisa merencakan perihal masa depan yang sesuai dengan sifat-sifatnya. Kesesuaian rencana masa depan dengan sifat yang dalam diri masing-masing pasangan menjadi salah satu kunci meraih sukses.
*PW Fatayat NU D.I. Yogyakarta.

Tidak ada komentar: