Senin, 02 Januari 2012

Diet Alami


Diet dengan Buah Apel


Ada sebuah ungkapan "An apple a day keeps the doctor away". Ungkapan ini ternyata dapat dibuktikan kebenarannya. Jika pola diet Anda selama ini masih belum membantu menurunkan berat badan, saatnya Anda mencoba pola diet alami. Salah satu kiat terbesar untuk menurunkan berat badan adalah dengan memanfaatkan kandungan nutrisi yang ada di buah apel. Buah apel memiliki khasiat untuk menguruskan tubuh tanpa rasa tersiksa dan cepat. Apel dapat digunakan untuk menurunkan berat badan?
Sebuah studi baru yang dilakukan majalah Appetite menemukan, konsumsi satu buah apel sebelum makan dapat membantu Anda kenyang lebih cepat. Ini secara signifikan mengurangi asupan kalori sebanyak 15 persen. Konsumsi satu buah apel sebelum makan dapat mengurangi sekira 185 kalori. Dalam arti, dapat membantu Anda menurunkan 0,68 kg per bulan atau 9,07 kg per tahun. Tapi, olahan apel lain seperti pie apel atu kue apel tidak masuk hitungan.
Riset baru Penn State University membuktikan bahwa makan 1 buah apel 15 menit sebelum makan, lima kali lebih efektif dibanding minum pil diet. Pada kenyataannya para ahli menemukan, makan apel sebagai appetizer membuat kalori yang dimakan berkurang 200 kalori per makan. Sebaliknya, pil yang membantu menghambat kalori hanya mengurangi 34 kalori per makan. Selain itu, apel juga lebih murah dibanding pil penekan nafsu makan. Makan apel tak ada efek samping seperti gangguan gastric, insomnia, dan deyut jantung meningkat. Apel juga memberikan khasiat kesehatan lainnya. Antara lain pencernaan jadi lebih baik, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tammi Flynn (a registered dietitian and Group Training instructor at Gold’s Gym) di Washington - Amerika Serikat telah membuktikan fakta ini. Flynn menemukan fakta bahwa kliennya yang mengkonsumi satu buah apel (tanpa diolah) sebelum makan mampu menurunkan berat badan. Kemudian Flynn melakukan eksperimen dengan 3 buah apel, dia menemukan hasil yang luar biasa. Hanya dalam 12 minggu kliennya mengalami penurunan berat badan 17 pound (setara dengan 8 kg).
Makan apel sehari pasti baik bagi Anda, tetapi makan 3 buah apel sehari adalah hal  yang akan benar-benar mendapatkan hasil. Idealnya, Anda makan apel sekitar 30 menit sebelum makan makanan utama Anda. Dengan cara ini, tidak saja akan membantu memuaskan Anda, juga membantu Anda makan dengan porsi lebih sedikit. Selain itu, membantu untuk mempersiapkan tubuh Anda agar dapat lebih mudah menyerap nutrisi yang dibutuhkan dan menyingkirkan yang lain.
Cobalah metode ini dalam waktu 2 minggu, Anda akan setuju bahwa ini adalah salah satu tips terbaik untuk menurunkan berat badan selamanya. Jika Anda mau mencoba metode apel ini untuk menurunkan berat badan, usahakan untuk selalu makan kulitnya juga karena kadungan seratnya yang mudah diserap, sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk membersihkan sistem pencernaan Anda.
Mengkonsumsi buah apel mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut :
1.        Menurunkan berat badan.  Salah satu studi menemukan bahwa wanita yang makan 3 buah apel sehari dalam dietnya dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada wanita yang tidak makan apel.
2.        Menurunkan Kolesterol – Karena kandungan pektin dalam buah apel, orang-orang yang mengkonsumsi 2 atau lebih buah apel dalam sehari bisa menurunkan kolesterol sebanyak 16 persen.
3.        Meluluhkan Lemak
Berapa banyak lemak yang bisa diturunkan dengan apel?
Menurut ahli apel yang memonitor pediet diabetik selama 6 minggu, yang makan 3 buah apel sehari menurunkan rata – rata 19 pon lemak tubuh. Yang tidak makan apel hanya turun 3 pon.

Mengapa apel berkasiat?
Tiga apel meningkatkan intake serat sampai sekitar 15 gram. Serat kalori nol mengembang di dalam badan, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi kemungkinan makan berlebihan makanan lain tinggi kalori.
Apel juga mengandung pectin, sejenis serat khusus ampuh yang digunakan sebagai pengental di dalam selai dan saus. Pectin membantu menjaga makanan berada lebih lama di dalam sistem tubuh dan terbukti mengeliminasi dorongan makan sampai lebih dari 4 jam. Pectin menstabilkan kadar gula darah, mengurangi pelepasan hormon gula darah yang menggemukkan. Pada kenyataannya, ketika sebuah studi Brazil menemukan, pediaet yang makan buah kaya pectin seperti apel atau pir menurunkan berat badan 33% lebih banyak dibanding pediet yang mendapatkan kalori yang sama tanpa buah, para periset mengatakan, pectin merampingkan karena berefek pada gula darah.
Makan tiga apel tiap hari (1 apel sebelum sarapan, 1 apel sebelum makan siang, dan 1 apel sebelum makan malam) dapat menurunkan berat badan tiga pon dalam seminggu. Sebuah apel mengandung antioksidan dan 1500 mg vitamin C yang menyebabkan radikal bebas mulai dari kerut dan penyakit jantung dan membuat awet muda. Buah apel banyak mengandung vitamin C yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh dan fenol yang mampu mengurangi kolesterol. Mengkonsumsi buah apel dapat mengurangi kerusakan gigi karena tiap gigitan apel yang anda kunyah mampu membersihkan gigi dan membutuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Diet apel membuat anda merasa lebih kenyang kendati pun Anda makan sedikit. Selain itu, Anda juga mendapatkan banyak vitamin, mineral, dan antioksidan.

(Sumber: berbagai sumber)

Tidak ada komentar: